Monday, 24 June, 2024

Sambut 1 Abad NU, MTs-MA Sunan Ampel Gelar Istghosah dan Pentas Seni.


nulamongan.or.id, Kebet- Menyongsong resepsi 1 Abad NU, MTs-MA Sunan Ampel Kebet Lamongan gelar Istighosah dan pentas seni, kegiatan tersebut dilaksanakan secara khidmah di Musholah madrasah dengan mengangkat tema besar ”Merawat Jagat dan Membangun Peradaban”., Selasa (31/2023).

Kegiatan tersebut turut dimeriahkan oleh semua jajaran guru dan peserta didik, kegiatan ini dibuka dengan baca’an sholawat yang dilantunkan oleh siswa-siswi MA Sunan Ampel, dan dilanjut dengan pembaca’an istighosah, mahlul qiyam serta ditutup dengan pentas seni yang dibawakan oleh siswa-siswi MTs Sunan Ampel dengan menampilkan pidato 3 bahasa (Inggris, Arab, Indonesia) yang ditutup dengan lantunan puisi ”1 Abad NU” yang sangat merdu.

H. Rif’an selaku Kepala Sekolah menuturkan dalam sambutannya bahwa, Merawat jagad dan membangun peradaban, tema 1 abad NU mengingatkan kita untuk terus bergerak berkembang tanpa harus meninggalkan jati diri sebagai warga Nahdhliyin.

“prinsip Islam Washatiyah dalam proses pembelajaran (Tawashut, Tasammuh, Tawazun, dan Ta’adul) harus benar-benar kita transformasikan kepada peserta didik serta pengaplikasian dalam kegiatan sehari-hari baik dalam lingkungan sekolah maupun dimasyarakat”.  Ujar Rif’an

Dalam sambutan tersebut beliau juga berharap, sebagai insan dalam dunia pendidikan saya berharap lembaga kami dan juga lembaga di lingkungan NU harus terus menatap kedepan, maju dan berkembang agar tidak tertinggal dengan yang lain, namun dengan tidak meninggalkan karakteristik nahdliyah.

“Lembaga kami memang di luar pondok pesantren, namun untuk menjaga karakteristik nahdliyah tersebut kami memantapkan diri sebagai madrasah alternatif pondok pesantren yang menyediakan pembelajaran sama halnya di pesantren, agar ruh nahdlotul ulama tetap terjaga, serta tak luput dari tantangan zaman yang semakin berkembang maka pengaplikasian dari madrasah digital juga kita terapkan untuk menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat di era revolusi industri ini”. Imbuh Rif’an (Dani)

0 comments on “Sambut 1 Abad NU, MTs-MA Sunan Ampel Gelar Istghosah dan Pentas Seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *