Sunday, 25 February, 2024

Pelantikan PAC ISNU Paciran, Dikemas Dengan Halaqoh Fiqih Politik dan Peradaban


nulamongan.or.id, Paciran- Pengurus Anak Cabang Ikatan Sarjana Nadhlatul Ulama (ISNU) gelar Halaqoh Fiqih Politik dan Peradaban dikemas dengan kegiatan pelantikan, (19/23)

Kegiatan ini turut dimeriahkan oleh beberapa tokoh besar Nahdlatul Ulama, diantaranya adalah Rais Syuriah PBNU yakni KH, Masdar Farid Mas’udi dan Wakil bupati Lamongan KH. Abdul Rouf serta beberapa jajaran pengurus PCNU Lamongan dan seluruh pengurus ISNU wilayah Paciran, kegiatan ini digelar di Tanjung Kodok Beach Resort Paciran Lamongan.

Khoirul Huda selaku ketua ISNU Paciran mengatakan, kegiatan pelantikan sekaligus halaqoh fiqih siyasah dan peradaban ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur ISNU yang telah memberikan sumbangsi berupa kontribusi kepada masyarakat melalui pemahaman politik, seperti halnya yang di bicarakan oleh PBNU.

“Alhamdulillah, ISNU memberi kontribusi yang nampak kepada kader-kader muda NU yang memiliki ketertarikan di dunia politik melalui halaqoh ini, kegiatan halaqoh ini sangat penting, disamping sebagai penguatan SDM Kader-kader muda NU, halaqoh ini juga sangat penting sebagai jembatan untuk memahami bagaimana politik dan strategi menghadapi tahun-tahun politik”. Tuturnya.

Dalam halaqoh fiqih politik dan peradaban kali ini, ketua ISNU menterjemahkan bahwa fiqih peradaban yang digagas oleh PBNU, posisi ISNU sekarang telah benar-benar siap berada di depan dalam mengaungkan apa yang digariskan PBNU.

“kami ISNU sebagai banom NU menterjemahkan apa yang di sampaikan oleh PBNU terkait Fiqih Siyasah dan peradaban, kita ISNU Paciran siap melaksanakan apa yang digariskan PBNU, hal ini senada dengan apa yang telah digagas oleh para kiai serta muasis NU untuk masyarakat”. Tuturnya

Wakil Bupati Lamongan yang akrab kita sapa kiai Rouf, ia mengatakan, warga nahdliyin lamongan tidak kurang dari 150 juta orang, maka, kuantitas harus seimbang dengan kualitas, khususnya pendidikan untuk warga NU.

“jika jumlah warga nahdliyin banyak tetapi dari segi pendidikannya rendah, maka sulit untuk membuat perubahan besar untuk NU, maka PR kita bersama adalah bagaimana kita mengaungkan kembali pendidikan yang dibawa naungan NU untuk maju dan kembalinya juga untuk kesejahteraan masyarakat”. Tuturnya.

Fiqih siyasah politik dan peradan ini sangat penting, karena fiqih itu dinamis dan mampu memberi jawaban akan persoalan perkembangan zaman.

adanya fiqih, itu sebagai media bagi kita menyelesaikan permasalahan di era perkembangan zaman saat ini, seperti yang disampaikan oleh Kiai Masdar, melalui fiqih politik dan peradaban kita sebagai muslim akan mampu memahami bagaimana sikap kita menjadi muslim yang taat pada bangsa dan negara,karena setiap masa memiliki tantangan tersendiri, tanpa terkecuali zaman saat ini”. (Red)

0 comments on “Pelantikan PAC ISNU Paciran, Dikemas Dengan Halaqoh Fiqih Politik dan Peradaban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *