Monday, 24 June, 2024

Semarakkan 1 Abad NU, Yayasan Al Khoiriyah Mantup Gelar Berbagai Kegiatan Untuk Siswa


nulamongan.or.id, Mantup- Dalam rangka memperingati Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama, ratusan siswa KB-TK Insani, MTs Al Khoiriyah, MA Al Khoiriyah dan Pondok Pesantren Mafatihul Huda Mantup serta PPL Universitas Islam Lamongan mengikuti pawai yang digelar oleh Yayasan Pendidikan Al Khoiriyah Mantup, Selasa (31/2023). Sebanyak 300 siswa, orang tua, dan guru ini berkeliling ke kampung-kampung di sekitar jalan raya Mantup Kabupaten Lamongan.

Mereka membawa sejumlah atribut, foto pendiri NU, bendera IPNU-IPPNU, bendera merah putih, bendera Yayasan, dan bendera NU. Dengan antusias, ratusan siswa ini berkeliling desa sekitar sekolah untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang Harlah NU.

Ketua yayasan pendidikan Al Khoiriyah Mantup Ahmad Luqman Hakim, S.Pd.I mengatakan, pihaknya sengaja mengajak para siswa turun ke jalan untuk mengenalkan dan memeriahkan Harlah 1 abad NU. Pihaknya sengaja mengadakan pawai ini untuk mengingatkan kembali kepada siswa dan masyarakat bahwa setiap tanggal 31 Januari diperingati Harlah NU.

“Kegiatan ini untuk mengenalkan kepada peserta didik bahwa hari ini tanggal 31 Januari adalah hari lahir NU. Kami juga ingin menyampaikan kembali bahwa 97 tahun yang lalu tepatnya tanggal 31 Januari 1926 NU didirikan oleh para ulama dalam rangka menjaga dan mempertahankan aqidah Ahlussunah wal Jamaah,” kata Gus Luqman merupakan panggilan akrab.

Sementara itu, Kepala Madrasah MA Al Khoiriyah Mantup Hadi Ishari, S.Pd, menjelaskan pawai siswa-siswi KB-TK, MTs Al Khoiriyah Mantup, MA Al Khoiriyah Mantup dan Ponpes Mafatihul Huda Mantup ini sebagai bentuk syiar serta menanamkan karakter ke-NU-an.

“Pawai siswa-siswi merupakan kick off satu abad NU. Ada berbagai rangkaian acara kegiatan Yayasan Pendidikan Al Khoiriyah Mantup dalam rangka satu abad NU. Diantaranya lomba Pentas Seni, dan Kebersihan kelas” tuturnya.

Tambah Ishari, peringatan satu abad NU mengangkat tema “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru”. “Pilihan tema ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW tentang lahirnya pembaharu di setiap satu abad,” pungkasnya.

Sekedar informasi, berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, NU didirikan pada 16 Rajab 1344 Hijriah, itu berarti NU akan mencapai usia satu abad pada 16 Rajab 1444 Hijriah atau bertepatan dengan 7 Februari 2023 mendatang.

0 comments on “Semarakkan 1 Abad NU, Yayasan Al Khoiriyah Mantup Gelar Berbagai Kegiatan Untuk Siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *