Saturday, 01 October, 2022

Pengajian Umum dan Pembacaan Manaqib, Tutup Peringatan Tahun Baru Hijriyah Pemdes Sumberdadi


nulamongan.or.id, Lamongan- Peringatan tahun baru Hijriyah 1444 H, dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa Sumberdadi Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan sebagai sarana syiar Islam kepada masyarakat, sebagai puncak acara dari kegiatan tersebut digelar Pengajian Umum bertempat di kawasan Petilasan Jokodolog Dusun Gurit Desa Sumberdadi, kamis (11/2022).

Acara yang yang melibatkan dua puluh personel Banser NU Satkorkel Sumberdadi ini dihadiri oleh Forkompimcam Kecamatan Mantup, kepala desa se Kecamatan Mantup, pengurus Ranting NU dan Banom NU, tokoh agama dan masyarakat, serta ratusan jamaah dari berbagai daerah tersebut berlangsung dengan khusyuk dan lancar hingga akhir.

Gus Sa’dulloh Syarofi dari Mojokerto yang hadir memberikan tausiyah dalam pengajian umum tersebut menyampaikan keutamaan orang yang hadir dalam majelis ilmu maka pahalanya adalah akan dicatat sebagai ahli shodaqoh; mendapatkan pahala seperti orang yang selalu mengamalkan ilmunya; perjalanan berangkat dan pulang dari majelis ilmu diganjar seperti derajat orang yang sholihin; dan mendapatkan ketenangan hati serta dilimpahi rahmat dan karunia oleh Allah SWT, jelas beliau.

Kepada Desa Sumberdadi Sugiono, dalam sambutannya mengatakan, tujuan peringatan tahun baru Hijriyah ini diselenggarakan oleh Pemdes Sumberdadi ini dengan harapan, agar semua masyarakat dapat memaknai datangnya tahun baru hijriyah ini semoga ibadah dan perilaku kita bisa lebih baik dalam bermasyarakat dihari-hari berikutnya, semakin menguatkan diri dengan benteng iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

“Kita laksanakan di kawasan ini (petilasan Jokodolog) karena tempat ini memiliki sejarah dalam penyebaran agama Islam di wilayah Lamongan selatan pada masa kasunanan Giri Kedhaton”, tutupnya.

Sementara M. Syaiful Alam selaku ketua panitia menjelaskan, rangkaian kegiatan peringatan tahun baru hijriyah yang digelar oleh Pemdes (Pemerintah Desa) Sumberdadi tersebut dilaksanakan selama dua hari, diawalai dengan Lailatul Hadrah oleh ISHARI NU Ranting Sumberdadi bersama dengan ISHARI NU Ancab Dawarblandong kemarin malam.

Selanjutnya pada kamis pagi (11/08) dilaksanakan Pawai Ta’aruf dengan peserta santri TPQ/Madin dan siswa dari lembaga pendidikan yang berada di Desa Sumberdadi yaitu RA dan MI Ittihadil Ikhwan, TK Nusa Indah, SDN Sumberdadi serta diiringi oleh group Drumband Kusuma Nada SDN Sumberdadi.

“Sebagai puncak acara malam ini kami gelar pengajian umum dan pembacaan manaqib dari Syaikh Syafi’i Syarief Hidayatullah (Syaikh Sabil Gurit) di kawasan Petilasan Jokodolog Dusun Gurit”, tutupnya.

Diakhir acara, Saiful Arif pengasuh Yayasan Nawa Nata Arya yang membacakan Manaqib Syaikh Syafi’i Syarief Hidayatullah (Syaikh Sabil Gurit), sebelum kedatangan Syaikh Sabil Gurit kawasan petilasan Jokodolog ini merupakan ksetra pamujan dan terdapat pasetran mahaksobyah yang kemudian ditutup oleh beliaunya.

Menurut silsilah di Kasunanan Giri Kedhaton Syaikh Sabil Gurit sebenarnya bernama Raden Syarief (Syafi’i Syarief Hidayatullah), santri dari Sunan Giri yang turut dalam ekspedisi ke 2 pada tahun 1507 masehi, terang Gus Saiful. (Kanto)

0 comments on “Pengajian Umum dan Pembacaan Manaqib, Tutup Peringatan Tahun Baru Hijriyah Pemdes Sumberdadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *