Saturday, 13 August, 2022

Arak 99 Tumpeng, Cara Ranting NU Sendangagung Peringati Tahun Baru Islam


nulamongan.or.id, Paciran- Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Desa Sendangagung Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, menggelar Kirab dalam rangka Peringatan 1 Muharram 1444 H (30/7).

Kegiatan tersebut diselenggarakan bersama seluruh anggota, kader, dan badan otonom Nahdlatul Ulama’ Ranting Sendangagung. Dengan mengarak 99 Nasi Tumpeng sebagai simbol 99 Asmaul Khusna dan simbolisasi NU dalam membuka tahun baru islam 1444 H.

Rangkaian kirab berlangsung dengan meriah dan bermakna. Diringi dengan Seni Budaya Musik Jedor Gema Nusa dari PK IPNU IPPNU MA Al-Muhtadi, sebagai salah satu upaya pelestarian tradisi yang ada di desa Sendangagung.

Tak hanya itu, pawai arakan dilengkapi dengan Kotak LAZISNU sebagai ikhtiyar kemandirian Nahdlatul Ulama’ Sendangagung juga terdapat atraksi dari Pagar Nusa Ranting Sendangagung dan Drum Band BP3MNU Al-Muhtadi yang menambah kemeriahan kegiatan kirab 1 Muharram tersebut.

“Kegiatan Kirab 1 Muharram sudah menjadi kegiatan tahunan PR NU Sendangagung sebagai upaya melestarikan tradisi dan budaya dalam peringatan satu suro.” Ungkap H. Ahnan Afif Ketua PR NU Sendangagung

Nur Rochmat selaku ketua panitia sekaligus ketua LAZISNU Sendagagung menyampaikan bahwa kegiatan tersebut tak semata digelar sebagai bentuk peringatan, tetapi juga sebagai bentuk pelestarian budaya serta bentuk khidmat kepada Jamiyah Nahdlatul Ulama’ dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Red)

0 comments on “Arak 99 Tumpeng, Cara Ranting NU Sendangagung Peringati Tahun Baru Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *