Monday, 02 August, 2021

NU Lamongan

Ikhtiar Pengurus Baru, PAC IPPNU tikung Adakan Pelantikan dan Dialog Perspektif Gender


pac ippnu tikung

nulamongan.or.id,- Lamongan, Tikung. Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) masa Khidmah 2020-2022 gelar pelantikan dan dialog perspektif gender dalam konteks hubungan Mubadalah antara laki-laki dan perempuan dalam berorganisasi, bertempat di gedung KPRI Tikung, Kamis (11/3).

Dialog ini mengusung tema “Perspektif Kader IPPNU, Konsep Mubadalah dalam Organisasi,” panitia sengaja tema ini diadakan untuk menyamakan visi gender di kalangan pengurus baru PAC IPPNU tikung.

Pembicara dialog Prespektif Gender Kholidah Ulfi M, S. Sos, M. Sosio.  (Pengurus PW IPPNU Jatim periode 2016-2019) dan Siti Munawaroh ( ketua PC IPPNU Lamongan periode 2016-2018.)

Ketua PAC IPPNU tikung Vika Rochmawati menjelaskan, arti penting dilaksanakan Pelantikan dan dialog adalah “untuk menyatukan Perspektif tentang gender bagi pengurus PAC, atau seluruh kader IPPNU, hubungan mubadalah adalah hubungan secara timbal balik antara laki-laki dan perempuan”.

Seharusnya Pemahaman tentang gender harus dipahami bersama oleh laki-laki maupun perempuan. Dalam hal ini IPPNU sebagai organisasi basis massa pelajar perempuan perlu secara tegas mengawal hak dan kewajiban yang harus dilakukan,” Tegas ujar Vika Rochmawati Selaku Ketua IPPNU PAC Tikung.

Vika berharap dengan dihadirkan dialog dengan tema perspektif gender ini kita paham akan hak dan kewajiban masing-masing, saling menjaga, saling menghargai, dan saling mengayomi, keduanya baik laki-laki maupun perempuan sama-sama berhak menuntut ketika haknya tidak dikabulkan “

Bunda Kholidah Ulfi menambahkan bahwa “Konsep mubadalah dalam organisasi IPPNU ini bukan untuk menyaingi atau melawan laki laki, perempuan kesetaraan hanya untuk mendapatkan hak yang sama terhadap pendidikan dan ilmunya, kapasitas, berekonomi, mampu bersosial, dan berjuang”.

Jadi khususnya IPPNU di PAC ini harus memberikan rana keterbukaan secara pemikiran, untuk berdiskusi, dan menyampaikan pendapat, agar rekanita rekanita ini menjadi sosok yang mampu menyampaikan opini, dan itu akan berujung pada kapasitas mereka dalam bersosial.”Pungkasnya. (Ain/Ldr)

0 comments on “Ikhtiar Pengurus Baru, PAC IPPNU tikung Adakan Pelantikan dan Dialog Perspektif Gender

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *