Tuesday, 26 October, 2021

Kapan Pelaksanaan Pesta Nikah yang baik dan bagaimana hukumnya?


Deskripsi ini adalah hasil dari Kajian Musyawarah LBM NU Lamongan. Adapun pembahasan tentang pesta pernikahan yang telah menjadi kelaziman pada masyarakat muslim di Nusantara, secara detail disajikan sebagaimana dibawah ini.

Menggelar pesta pernikahan Hukumnya Sunnah sebagaimana Hadis Nabi Saw.
أَوْلِمْ وَلَوْ بِشَاةٍ. متفق عليه
adakan pesta pernikahan sekalipun dengan menghidangkan 1 kambing”. (HR : Al-Bukhāry Muslim).

Dan Hukum menghadirinya Wajib. Sebagaimana Hadis Nabi Saw.
إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا . متفق عليه
jika kalian diundang acara pesta pernikahan, maka datangilah” (HR: Al-Bukhāry Muslim)

Lalu kapan pesta pernikahan digelar?

Acara pesta pernikahan digelar setelah akad nikah. Sebagian redaksi mulai saat berlangsungnya akad nikah hingga waktu yang tidak ditentukan, meskipun pengantin sudah mati atau cerai.

Akan tetapi yang afdhal (lebih utama) adalah setelah dukhūl (berhubungan badan). Sebab Nabi Saw tidak menggelar pesta pernikahan kecuali setelah dukhūl.

Lalu bagaimana dengan mendatangi undangan walīmah?

Seseorang yang diundang diacara pesta pernikahan wajib datang setelah akad nikah atau akad nikah sedang berlangsung. Jadi, jika undangan pesta nikah digelar sebelum akad nikah maka tidak wajib datang, hingga akad sudah dilaksanakan.

***

واستنبط السبكى من كلام البغوي أن وقتها (الوليمة) يدخل بالعقد ولا يفوت بطول الزمن ولا بطلاق ولا موت كالعقيقة وقال بعضهم تستمر إلى سبعة أيام فى البكر وثلاثة فى الثيب وبعدها تكون قضاء ، والأفضل فعلها بعد الدخول لأنه صلى الله عليه وسلم لم يولم على نسائه الا بعد الدخول ولكن تجب الاجابة اليها من حين العقد وإن خالف الافضل بخلاف ما يفعل قبل العقد فلا تجب الإجابة له وان اتصل بالعقد لأنه ليس وليمة عرس . فان أراد حصول السنة أخرها عن العقد بل ان قصد بها وليمة العقد والدخول معا حصلا ولو بالقهوة او بالشربات.
(حاشية البيجوري)

ﺗَﻨْﺒِﻴﻪٌ: ﻟَﻢْ ﻳَﺘَﻌَﺮَّﺿُﻮا ﻟِﻮَﻗْﺖِ اﻟْﻮَﻟِﻴﻤَﺔِ، ﻭَاﺳْﺘَﻨْﺒَﻂَ اﻟﺴُّﺒْﻜِﻲُّ ﻣِﻦْ ﻛَﻼَﻡِ اﻟْﺒَﻐَﻮِﻱِّ ﺃَﻥَّ ﻭَﻗْﺘَﻬَﺎ ﻣُﻮَﺳَّﻊٌ ﻣِﻦْ ﺣﻴﻦ اﻟﻌﻘﺪ ﻓَﻴَﺪْﺧُﻞُ ﻭَﻗْﺘُﻬَﺎ ﺑِﻪِ ﻭَاﻷَْﻓْﻀَﻞُ ﻓِﻌْﻠُﻬَﺎ ﺑَﻌْﺪَ اﻟﺪُّﺧُﻮﻝِ «ﻷَِﻧَّﻪُ – ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ – ﻟَﻢْ ﻳُﻮﻟِﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﻧِﺴَﺎﺋِﻪِ ﺇﻻَّ ﺑَﻌْﺪَ اﻟﺪُّﺧُﻮﻝِ» . ﻓَﺘَﺠِﺐُ اﻹِْﺟَﺎﺑَﺔُ ﺇﻟَﻴْﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺣِﻴﻦِ اﻟْﻌَﻘْﺪِ ﻭَﺇِﻥْ ﺧَﺎﻟَﻒَ اﻷَْﻓْﻀَﻞَ. الى ان قال….
ﻗَﻮْﻟُﻪُ: (ﻓَﻴَﺪْﺧُﻞُ ﻭَﻗْﺘُﻬَﺎ ﺑِﻪِ) ﺃَﻱْ ﺑاﻟﻌﻘﺪ، ﻭَﻻَ ﻳَﻔُﻮﺕُ ﺑِﻄَﻼَﻕٍ ﻭَﻻَ ﺑِﻤَﻮْﺕٍ. ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢْ: ﻓِﻌْﻠُﻬَﺎ ﺑَﻌْﺪَ ﺳِﺖٍّ ﺃَﻭْ ﺳَﺒْﻊٍ ﻗَﻀَﺎءً ﻓَﺮَاﺟِﻌْﻪُ ﻗ ﻟ. ﻗَﻮْﻟُﻪُ: (ﺑَﻌْﺪَ اﻟﺪُّﺧُﻮﻝِ) ﻗَﺎﻝَ اﻟﺪَّﻣِﻴﺮِﻱُّ: ﻭَاﻟﻈَّﺎﻫِﺮُ ﺃَﻧَّﻬَﺎ ﺗَﻨْﺘَﻬِﻲ ﺑِﻤُﺪَّﺓِ اﻟﺰِّﻓَﺎﻑِ ﻟِﻠْﺒِﻜْﺮِ ﺳَﺒْﻌًﺎ ﻭَﻟِﻠﺜَّﻴِّﺐِ ﺛَﻼَﺛًﺎ اﻩـ، ﺃَﻱْ ﻓَﻔِﻌْﻠُﻬَﺎ ﺑَﻌْﺪَ ﺫَﻟِﻚَ ﻳَﻘَﻊُ ﻗَﻀَﺎءً ﻓَﻠَﻮْ ﻗَﺪَّﻣَﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ اﻟْﻌَﻘْﺪِ ﻟَﻢْ ﺗَﻜُﻦْ ﻭَﻟِﻴﻤَﺔَ ﻋُﺮْﺱٍ ﻓَﻼَ ﺗَﺠِﺐُ اﻹِْﺟَﺎﺑَﺔُ. ﻭَﻳَﻨْﺒَﻐِﻲ ﺃَﻥْ ﻳَﻜُﻮﻥَ اﻟﺘَّﺴَﺮِّﻱ ﻛَﺎﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ﻓِﻲ اﺳْﺘِﺤْﺒَﺎﺏِ اﻟْﻮَﻟِﻴﻤَﺔِ ﻭَﻭُﺟُﻮﺏِ اﻹِْﺟَﺎﺑَﺔِ ﻭَﻳُﺴْﺘَﺤَﺐُّ ﺗَﻌَﺪُّﺩُﻫَﺎ ﺑِﺘَﻌَﺪُّﺩِ اﻟﺰَّﻭْﺟَﺎﺕِ ﻭَﻟَﻮْ ﻓِﻲ ﻋَﻘْﺪٍ ﻭَاﺣِﺪٍ ﻛَﻤَﺎ ﻓِﻲ اﻟْﻌَﻘِﻴﻘَﺔِ ﻋَﻦْ ﺃَﻭْﻻَﺩِﻩِ. اﻩـ. ﺩَﻳْﺮَﺑِﻲٌ.
(البجيرمي على الخطيب ج ٣ ص ٤٥٣)

Ditashih oleh :
KH. Ahmad Muzakky, AA

Dibahas oleh
M. Kholid afandi
Ahmad Thohir

0 comments on “Kapan Pelaksanaan Pesta Nikah yang baik dan bagaimana hukumnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *