Thursday, 24 September, 2020

NU Lamongan

Jelang PILKADA, PC IPNU IPPNU Lamongan Gelar Pendidikan Politik


nulamongan.or.id- Guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan generasi muda tentang Politik, pada Rabu(16/09) Badan Student Crisis Center (BSCC) Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) dan Lembaga Konseling Pelajar (LKP) Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU) LAMONGAN gelar Diskusi Panel Pendidikan Politik yang bertema “Cerdaskan Generasi Muda untuk Wujudkan Politik yang Demokratis” yang dilaksanakan via zoom meeting. Diskusi ini diikuti oleh kurang lebih 70 peserta yang terdiri dari pelajar dan masyarakat umum.

Adapun narasumber diskusi tersebut yakni, Ketua Bawaslu Kabupaten Lamongan Bapak Miftahul Badar dengan materi Netralitas ASN dan Politisasi Anggaran, serta Ketua Kajian Sosial Politik PP IPNU Rekan Purnawa Ziarohdin dengan materi Peran Milenial dalam Pemilu.

Rekan Syamsuri selaku Ketua PC IPNU Lamongan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Pendidikan Politik ini bertujuan untuk memberikan ilmu tentang perlunya pendidikan politik bagi para pelajar dan generasi muda apalagi sebagai pemilih pemula, mengingat agenda di tahun 2020 merupakan tahun politik di Kabupaten Lamongan.

Dengan telah dilaksanakannya pendidikan politik dikalangan pelajar sebagai pemilih pemula, maka  tingkat partisipasi pemilih dapat lebih meningkat, dan jangan ada Golput karena hak suara kita menentukan keberhasilan pembagunan kedepan.

Ketua BAWASLU Kabupaten Lamongan, Miftahul Badar mengatakan bahwa Lamongan masuk kategori indeks kerawanan tinggi pelanggaran sehingga partisipasi dari semua pihak untuk ikut mengawal. Terkait dengan netralisasi, sebenarnya bukan hanya dalam dimensi politik tetapi juga dalam pelayanan publik dan pengambilan keputusan.

Rekan Purnawa menegaskan, Pemuda adalah aset awal untuk ikut serta mengawal pilkada, presentase pemilih milenial mempunya sumbangsi cukup tinggi dalam pemilihan umum saat ini.

Banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai generasi millenial dalam berpartisipasi pemilihan umum maupun politik, menyumbangkan ide, memberikan feedback,’’ujarnya selaku Ketua Kajian Sosial Politik PP IPNU.

Kegiatan ini adalah yang pertama, bukan yang terakhir, jadi semoga diskusi semacam ini jangan berhenti disini, harus ada tindak lanjut dan ada diskusi lagi dengan topik yang berbeda,’’ujarnya Ketua Bawaslu Kabupaten Lamongan dalam penutup diskusi saat itu.

 

0 comments on “Jelang PILKADA, PC IPNU IPPNU Lamongan Gelar Pendidikan Politik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *